Laboratorium Microteaching

Laboratorium Microteaching

Micro teaching adalah praktikum yang bersifat aplikatif dan terpadu dari seluruh pengalaman belajar sebelumnya ke dalam praktik pelatihan untuk menyiapkan mahasiswa agar menguasai kompetensi kependidikan sehingga dapat mengemban tugas dan tanggung jawab secara professional. Tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah

  1. Untuk melatih mahasiswa agar memiliki pengalamam factual tentang proses pembelajaran yang selanjutnya dapat dipakai sebagai bekal untuk mengembangkan diri sebagai tenaga pendidik yang professional yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang diperlukan dalam profesinya.
  2. Mampu merencanakan dan mempersiapkan proses pembelajaran dengan baik
  3. Mampu melaksanakan proses pembelajaran dengan menggunakan berbagai metode dan media yang tepat baik dalam teori maupun praktik.
  4. Sebagai bahan pertanggungjawaban dalam pelaksanaan kegiatan praktik micro teaching bagi mahsiswa/i FKIP Universitas Batanghari Jambi.

VISI

Menjadi Pusat Laboratorium Micro Teaching dan PPL Standar dan Menjadi Pengembang Sainteks Pendidikan dan Teknologi Pembelajaran

MISI

  1. Membangun Capacity Buliding laboratorium yang berkapabilitas menuju laboratorium pembelajaran yang berstandard.
  2. Menyelenggarakan Program Micro-Teaching dan PPL yang membekali mahasiswa menjadi tenaga pendidik professional pada bidang studi dan kependidikan.
  3. Menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan penunjang pengetahuan dan ketrampilan kependidikan, profesi keguruan, dan pembelajaran.
  4. Menyelenggarakan klinik pendidikan sebagai upaya penguatan profesionalisme guru dan layanan serta pengabdian masyarakat.
  5. Menyelenggarakan riset dan pengembangan (research and development) ilmu pendidikan, teknologi pembelajaran, classroom action research dan pengembangan akademis kelembagaan.
  6. Melaksanakan pembinaan profesionalisme kepada tenaga pendidik pada lembaga pendidikan dasar dan menengah di lingkungan Universitas umumnya dan di lingkungan fakultas khususnya.
  7. Menyiapkan kajian dan pusat sumber belajar FKIP.

TUJUAN

Tujuan pengajaran Micro secara umum adalah mahasiswa diharapkan memiliki kompetensi (pengetahuan, ketrampilan dan nilai-nilai dasar atau sikap yang direfleksikan dalam berfikir dan bertindak) sebagai calon guru sehingga memiliki pengalaman melakukan pembelajaran dan kesiapan untuk melakukan praktek pendidikan di sekolah. Secara khusus, tujuan pengajaran Micro adalah membekali mahasiswa calon guru untuk menguasai ketrampilan dasar pembelajaran.

SASARAN

Mahasiswa sebagai calon guru agar menjadi guru yang professional

TUGAS DAN WEWENANG

  1. Menyusun rencana pengembangan laboratorium micro teaching
  2. Menyusun jadwal pemakaian laboratorium micro teaching
  3. Memantau kondisi dan bahan ajar yang ada di laboratorium micro teaching
  4. Memantau kegiatan laboratorium untuk kepentingan pendidikan, penelitian dan praktek