Program Studi Budidaya Perairan

Program Studi Budidaya Perairan

STRUKTUR ORGANISASI

Prodi BDP merupakan prodi yang mengajarkan cara budidaya ikan yang baik dan benar. Prodi BDP juga membekali lulusannya dengan ilmu yang terkait dengan reproduksi, nutrisi dan pakan ikan, manajemen lingkungan dan kualitas air, kesehatan ikan, genetika serta rekayasa budidaya hingga sistem dan teknologi akuakultur

VISI

Pada tahun 2030 PS-BDP menjadi pusat pengembangan SDM, ilmu pengetahuan dan teknologi yang unggul dengan kompetensi bidang budidaya perairan sungai dan danau atas dasar akhlak mulia untuk kesejahteraan masyarakat

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang berkualitas atas dasar akhlak mulia untuk menghasilkan lulusan yang mampu menerapkan dan mengembangkan IPTEK bidang budidaya perairan sungai dan danau
  2. Mengembangkan penelitian dan kajian ilmiah dalam bidang budidaya perairan sungai dan danau yang bernilai guna
  3. Melaksanakan tanggung jawab sosial kepada masyarakat dengan penerapan hasil penelitian di bidang budidaya perairan sungai dan danau
  4. Mengembangkan dan mewujudkan jiwa kewirausahaan serta membina kerjasama yang harmonis dengan stakeholders bidang budidaya perairan sungai dan danau

TUJUAN

  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dibidang budidaya perairan sungai dan danau yang mempunyai akhlak mulia
  2. Menghasilkan IPTEK bidang budidaya sungai dan danau yang dapat dipublikasikan secara ilmiah
  3. Terlaksananya pemberdayaan masyarakat melalui penerapan IPTEK di bidang budidaya perairan sungai dan danau
  4. Terwujudnya jiwa kewirausahaan dan terlaksananya kerjasama yang harmonis dengan stakeholders dalam bidang budidaya perairan sungai dan danau

SASARAN

Sasaran PS-BDP secara umum adalah untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas atas dasar akhlak mulia dalam bidang budidaya perairan sungai dan danau dengan memanfaatkan secara optimal potensi lokal untuk kesejahteraan masyarakat.

TUGAS DAN WEWENANG

Ketua Program Studi mengemban tugas pokok sebagai berikut :

  1. Menyusun program dan rencana kerja prodi tiap semester yang akan dikoordinasikan dengan Wakil Dekan II
  2. Menyusun daftar mata kuliah tiap semester
  3. Mendistribusi mata kuliah yang akan dilaksanakan tiap semester kepada dosen tetap prodi sesuai dengan bidang ilmunya
  4. Memeriksa konsep bahan kajian dan SAP mata kuliah yang dibuat oleh dosen
  5. Memonitor dan mengevaluasi jalannya perkuliahan
  6. Menampung saran dan masukan dari mahasiswa, alumni, dosen dan stakeholders untuk rencana pengembangan dan penyesuaian kurikulum prodi dengan kebutuhan pasar kerja
  7. Melaporkan kegiatan pembelajaran ke DIKTI melalui EPSBED dibantu dengan operator dan berkoordinasi dengan Wakil Dekan I
  8. Mengusulkan penunjukan pembimbing skripsi mahasiswa kepada Dekan melalui Wakil Dekan I
  9. Menyusun tim penguji skripsi mahasiswa dan mengusulkannya kepada Dekan melalui Wakil Dekan I
  10. Bersama-sama dengan dosen dan mahasiswa merancang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat
  11. Membantu proses administrasi dosen-dosen yang akan mengusulkan proposal penelitian/bantuan hibah DIKTI maupun pihak lain yang terkait
  12. Melakukan koordinasi dengan LPPM dalam kegiatan KKN dan PKL
  13. Merencanakan penyusunan dokumen akreditasi prodi (borang dan laporan evaluasi diri)
  14. Memberi rekomendasi permohonan lamaran dosen
  15. Memberikan rekomendasi hukuman atas pelanggaran yang dilakukan oleh dosen dan mahasiswa dalam proses pembelajaran
  16. Membuat laporan pertanggungjawaban kepada Dekan Sedangkan tugas pokok sekretaris prodi adalah :
  1. Membantu kaprodi untuk menyusun program dan rencana kerja prodi
  2. Membuat catatan daftar mata kuliah dan menginformasikannya kepada Kasubbag Akademik
  3. Menyusun dan mencatat hasil rapat distribusi mata kuliah tiap semester dan menginformasikan kepada Kasubbag Akademik untuk penyusunan jadwal perkuliahan
  4. Membantu kaprodi untuk memantau pelaksanaan perkuliahan
  5. Menyimpan hasil monitoring dan evaluasi perkuliahan untuk dijadikan laporan kepada Dekan
  6. Mentabulasi saran dan masukan dari mahasiswa,alumni, dosen dan stakeholders untuk rencana pengembangan dan penyesuaian kurikulum prodi
  7. Membantu kaprodi untuk menyusun laporan pertanggungjawaban kepada Dekan

Berikut Sebaran Matakuliah