Program Studi Pendidikan Ekonomi

STRUKTUR ORGANISASI

Pendidikan Ekonomi merupakan program studi yang mempersiapkan lulusannya untuk menjadi tenaga pengajar di bidang ekonomi, menjadi tenaga pendidik yang siap dengan tantangan teknologi yang terus berkembang, menjadi tenaga pendidik sekaligus wirausahawan yang menciptakan lapangan pekerjaan.

VISI

Menjadi lembaga unggulan dalam menghasilkan tenaga pendidik bidang Pendidikan Ekonomi yang profesional, berakhlak mulia, dan memiliki kemampuan berwirausaha ditingkat regional pada tahun 2030.

MISI

  1. Menyelenggarakan Pendidikan dan pembelajaran yang unggul dibidang Pendidikan Ekonomi untuk membentuk sumber daya manusia yang profesional dan berakhlak mulia di tingkat nasional.
  2. Menyelenggarakan penelitian dibidang Pendidikan Ekonomi untuk mendukung terciptanya sumber daya manusia yang profesional dan berakhlak mulia.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dibidang Pendidikan Ekonomi untuk menciptakan sumber daya manusia yang professional dan berakhlak mulia.
  4. Meningkatkan kerjasama dengan berbagai Lembaga baik pemerintah maupun swasta untuk menciptakan sumber daya manusia yang profesional dan berakhlak mulia.

TUJUAN

  1. Terciptanya lulusan yang unggul, profesional, dan berakhlak mulia dibidang Pendidikan Ekonomi di tingkat regional.
  2. Terciptanya tenaga pendidik yang profesional dan berakhlak mulia dibidang Pendidikan Ekonomi di tingkat regional.
  3. Terwujudnya atmosfer akademik yang kondusif guna tercapainya dibidang Pendidikan Ekonomi yang berpusat kepada mahasiswa.
  4. Menghasilkan penelitian yang unggul dibidang Pendidikan Ekonomi yang melibatkan segenap civitas akademika.
  5. Menghasilkan penelitian dibidang Pendidikan Ekonomi yang dipublikasikan pada jurnal nasional maupun jurnal internasional.
  6. Terselenggaranya pengabdian kepada masyarakat dibidang Pendidikan Ekonomi yang memberikan kontribusi bagi pengembangan ilmu pengetahuan.
  7. Terselenggaranya pengabdian kepada masyarakat dibidang Pendidikan Ekonomi untuk meningkatkan kepedulian mahasiswa terhadap fenomena yang ada di masyarakat.
  8. Terselenggaranya kerjasama dibidang Pendidikan Ekonomi dengan berbagai lembaga yang ada di dalam negeri maupun luar negeri untuk menciptakan Sumber Daya Manusia yang profesional dan berakhlak mulia dalam mencapai keunggulan kompetitif.

SASARAN

  1. Sasaran jangka menengah PS-PE (Tahun 2021 – 2025) adalah sebagai berikut:
  1. Terserapnya lulusan pada dunia kerja yang tersebar di tingkat nasional.
  2. Bahan ajar disesuaikan dengan perkembangan kurikulum dan mengintegrasikannya dalam sistem E-Learning.
  3. Meningkatkan kualitas dan kuantitas karya ilmiah dosen Pendidikan Ekonomi.
  4. Menyelenggarakan kegiatan ilmiah (seminar, workshop, pelatihan, lokakarya, dan lain-lain) di tingkat nasional pada bidang Pendidikan Ekonomi yang melibatkan semua unsur civitas akademika minimal satu tahun sekali.
  5. Membangun mitra kerja dengan berbagai lembaga terkait pada bidang pengabdian kepada masyarakat dalam lingkup Pendidikan Ekonomi.
  1. Sasaran jangka panjang PS-PE (Tahun 2026 – 2030) adalah sebagai berikut:
  1. Terbentuknya kelas unggul pada Program Studi Pendidikan Ekonomi.
  2. Menyelenggarakan kegiatan ilmiah (seminar, workshop, pelatihan, lokakarya, dan lain-lain) di tingkat internasional pada bidang Pendidikan Ekonomi yang melibatkan semua unsur civitas akademika minimal satu tahun sekali
  3. Hasil penelitian dosen memperoleh HaKI
  4. Terselenggaranya kunjungan guru besar bidang Pendidikan Ekonomi dalam rangka meningkatkan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

TUGAS DAN WEWENANG

Tugas dan Wewenang*

  1. Menyusun Road Map keilmuan PS.
  2. Menyusun kurikulum berbasis kompetensi.
  3. Merencanakan, melaksanakan, dan mengawasi kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi di PS.
  4. Menyusun rencana kerja dan rencana anggaran PS berdasarkan hasil rapat dosen PS.
  5. Mempersiapkan borang akreditasi PS.
  6. Mempersiapkan evaluasi tahunan mahasiswa PS.
  7. Memonitor dan mengevaluasi kegiatan akademik.
  8. Melakukan koordinasi dengan PS lain tentang penerapan kurikulum perkuliahan pada setiap semester.
  9. Mengkoordinasikan dengan PS lain tentang persiapan kebutuhan administrasi dan sarana/prasarana yang terkait dengan proses pembelajaran.
  10. Mengkoordinasikan dengan PS lain tentang penyusunan jadwal perkuliahan.
  11. Mengkoordinasikan dengan PS lain tentang penyusunan perencanaan, dan monev kinerja dosen, staf administrasi, dan teknis dalam pelaksanaan proses pembelajaran.
  12. Mengkoordinasikan dengan PS lain tentang pengelolaan sarana dan prasarana proses pembelajaran.
  13. Mengkoordinasikan dengan laboratorium tentang proses pendidikan dan pembelajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat.
  14. Mengelola pelaksanaan pendidikan hingga terlaksananya yudisium dan wisuda.
  15. Menentukan penasehat akademik, pengampu mata kuliah, pembimbing tugas akhir dan pembimbing akademik.
  16. Menyusun evaluasi diri PS dan membuat perencanaan pengembangan PS atas dasar evaluasi diri.
  17. Melakukan pembinaan terhadap dosen, mahasiswa dan tenaga kependidikan.
  18. Merintis perjanjian atas nama fakultas dengan pihak lain baik didalam negeri maupun luar negeri sesuai dengan peraturan yang berlaku yang kemudian dilanjutkan dengan perjanjian formal yang ditetapkan Dekan.
  19. Melakukan koordinasi fungsional dengan Wakil Dekan I, Wakil Dekan II, dan Wakil Dekan III.
  20. Melaporkan hasil kerja kepada Dekan.